USAID W-GDP

Women’s Global Development and Prosperity

USAID JAPRI W-GDP (Women’s Global Development and Prosperity) merupakan perpanjangan dari proyek JAPRI yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi perempuan melalui kewirausahaan di Jawa Timur. Melalui W-GDP, JAPRI melibatkan perempuan kurang mampu dan rentan usia 18 - 29 tahun untuk berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi mereka untuk mengembangkan atau memulai usaha. Untuk lebih mendukung keberlanjutan usaha milik perempuan ini dan memperkuat sistem pendukung bagi perempuan, JAPRI melakukan pelatihan gender kepada laki-laki di lingkaran terdekat perempuan agar mendorong terciptanya kemitraan positif antara laki-laki dan perempuan dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Aktivitas Program

Untuk memastikan perempuan muda miskin dan rentan mendapatkan akses dan menerima pelatihan keterampilan dasar dan kewirausahaan, JAPRI akan berfokus pada kegiatan utama, termasuk:

  1. Sosialisasi Program

  2. Pelatihan untuk Pelatih (Training of Trainer)

  3. Pelatihan untuk Pendamping (Training of Coach)

  4. Pelatihan Kewirausahaan (Entrepreneurship Training)

  5. One Day Business Training

  6. Pendampingan dan mentoring usaha (Business Coaching & Mentoring)

Pencapaian Akhir MRUF dalam Proyek JAPRI W-GDP

Sejak Oktober 2019 hingga Maret 2021, MRUF telah menyelesaikan serangkaian kegiatan JAPRI W-GDP di Jawa Timur untuk mempromosikan pengembangan kewirausahaan serta mendukung lahirnya bisnis baru atau peningkatan pendapatan para perempuan muda. Capaian MRUF dalam periode ini termasuk:

  • 404 perempuan muda memulai usaha baru;

  • 890 perempuan muda mengalami peningkatan pendapatan usaha;

  • 3.563 perempuan muda memiliki pengetahuan tentang usaha yang akan membantu mereka membuat rencana usaha;

  • 3.115 perempuan muda mengalami peningkatan kemampuan dalam membuat rencana usaha pasca mengikuti pelatihan kewirausahaan;

  • 133 orang dari komunitas pemuda dan kewirausahaan memiliki kapasitas sebagai pelatih kewirausahaan (entrepreneurship trainer) dan sebagai pendamping usaha (business coach);

  • 649 perempuan memiliki legalitas usaha.

TARGET PROYEK JAPRI W-GDP SAMPAI JANUARI 2022

Dari Maret 2021 hingga Januari 2022, MRUF akan membantu:

  • 596 perempuan memulai usaha baru;

  • 860 perempuan meningkatkan pendapatan usaha;

  • 1.437 perempuan memiliki pengetahuan tentang usaha yang akan membantu mereka membuat rencana usaha;

  • 1.351 perempuan memiliki legalitas usaha.

Fokus Geografis

Dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan peningkatan kapasitas kewirausahaan, JAPRI W-GDP fokus di beberapa wilayah di Jawa Timur mencakup Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten Bangkalan, Kota Surabaya, dan Kota Gresik.

Mitra Kerja

MRUF bekerjasama dengan mitra dalam promosi dan peningkatan kemampuan kewirausahaan perempuan muda dalam proyek JAPRI W-GDP di Jawa Timur. Di luar anggota konsorsium JAPRI, MRUF berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten setempat dan beberapa komunitas anak muda seperti Tri Surya Jaya di Surabaya, Yayasan Perkumpulan Manbaul Ulum (YPMU) di Gresik, Perkumpulan Keluarga TKI dan TKI Purna (PERTAKINA) di Blitar, dan Jaringan Penggerak Mahasiswa Entrepreneurship (JMPE) di Madura.

Kontak

Mien R. Uno Foundation, Jalan Jenggala II No. 9, Jakarta 12110

Mirza Kesuma (0878 6747 9700)