Mien R. Uno Foundation 2019.

DEWAN PENGAWAS

SANDIAGA S. UNO

Lahir di Rumbai, 28 Juni 1969, Sandiaga Salahudin Uno merupakan anak kedua dari pasangan Razif H. Uno dan Mien R. Uno. Pria yang akrab disapa Sandi ini merupakan seorang pengusaha yang sangat sukses, dan salah satu tokoh yang sangat berperan dalam perkembangan dunia wirausaha di Indonesia. Sejak usia muda, Sandi Uno dikenal sebagai sosok yang cerdas dan tekun. Ia menamatkan pendidikan S1 nya di Wichita State University di Kansas, Amerika, dan berhasil lulus dengan predikat Summa Cum Laude. Setelah itu, ia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studinya dari perusahaan tempatnya bekerja, di George Washington University, Amerika Serikat, dan lulus dengan IPK sempurna 4.00.

Sebelum terjun di dunia usaha, Sandi Uno merupakan seorang professional yang memiliki karir gemilang di beberapa perusahaan internasional. Diusianya yang masih terbilang muda, ia dipercaya menjadi Executive Vice President di NTI Resources Ltd yang berbasis di Kanada. Namun, roda kehidupan berputar. Krisis moneter global yang menghantam perekonomian dunia pada tahun 1997, berimbas pada perusahaan tempatnya bekerja. Perusahaan tersebut pun gulung tikar, dan melakukan PHK besar-besaran, termasuk pada dirinya.

Setelah di PHK, Sandi Uno pun memilih kembali ke Indonesia. Di tanah air, ia mencoba mencari pekerjaan baru, namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Ia bahkan harus menelan pil pahit, ditolak 25 perusahaan. Kondisi ini akhirnya mendorong Sandi Uno untuk merubah mindset dari karyawan menjadi pengusaha. Debutnya didunia usaha dimulai dengan mendirikan sebuah perusahaan konsultasi keuangan yang diberi nama PT. Recapital Advisors pada tahun 1997, bersama dengan sahabatnya Rosan Perkasa Roeslani. Setahun kemudian, bersama dengan Edwin Soeryadjaya, ia mendirikan PT. Saratoga Investama Sedaya, yang kemudian menjadi salah satu perusahaan investasi terbesar di Indonesia.

Berkat kerja keras dan keuletannya, kini Sandi Uno telah memiliki dan memimpin banyak perusahaan diantaranya Saratoga Capital, PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, PT Adaro Energy Tbk, PT Recapital Advisor, dan masih banyak lagi. Kesuksesan yang diraih di usia muda tak membuat Sandi Uno lupa untuk menebar manfaat untuk masyarakat luas. Ayah dari tiga anak ini, kerap berbagi kisah suksesnya dalam membangun bisnis pada berbagai forum dan diskusi lokal maupun nasional. Tidak hanya itu, ia juga aktif mendukung berbagai kegiatan pengembangan pemuda dan kewirausahaan, salah satunya Mien R. Uno Foundation.

Sandi Uno merupakan sosok panutan bagi generasi muda Indonesia. Kesuksesan yang diraihnya tentunya tidak lepas dari prinsi kerja 4AS (Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, Kerja Ikhlas) yang selalu ia terapkan diberbagai aktifitas bisnis maupun kehidupannya. Prinsip 4AS inilah yang kemudian banyak menginspirasi masyarakat Indonesia, khususnya para wirausaha muda.